MENGENAL BATU BACAN

 

  BACAN 1  

 

Batu Bacan menjadi batu yang lagi terkenal saat ini, semua orang penggemar batu permata membicarakan batu bacan. Konon Penyebab terkenalnya batu bacan disebabkan karena Presiden Obama dan Presiden SBY pernah memakai batu jenis bacan ini.

Batu Bacan berasal dari daerah pulau bacan makanya dikenal dengan nama Bacan, ada 2 jenis batu bacan yaitu jenis Doko dan Palamea. Karena terkenalnya batu bacan harganya jadi merangkak naik. Bagi Penggemar batu permata yang sedang mencari batu bacan agar lebih hati-hati karena bisa saja ada batu bacan yang palsu.

 

Ada beberapa tips untuk menghindari terertipu dengan  batu bacan yang palsu :

1. Batu Bacan biasanya pada permukaannya tampak hijau basah dan ada bintik-bintik hitam jangan tertukar dengan Chalcedony yang kelihatan Hijau mulus..

2. Goreskan batu bacan di kaca atau cermin, Bila batu bacan yang digesekkan menimbulkan goresan, maka batu itu asli. Namun demikian tidak semua batu yang bisa menggores kaca adalah bacan. (hanya untuk membedakan plastik dengan batu).

3. Melihat batu dengan kaca pembesar, Batu bacan yang palsu bila dilihat dengan kaca pembesar atau sorotan lampu senter akan terlihat mulus total. Bacan asli dengan sifat bebatuannya tidak mungkin mulus bersih, pasti ada guratan dan serat yang tampak. 

  BACAN 3 BACAN 3

4. Batu bacan asli apabila di bakar akan timbul semacam minyak di permukaan dan bila kita birsihkan batu tersebut akan nampak bersih dan tidak membekas sementara perbedaan dengan yang palsu apabila kita bakar akan timbul warna yang kusam dan bila kita bersihkan akan nampak membekas

5. Batu bacan yang asli akan lebih berat dibandingkan batu bacan yang palsu kita bisa bandingkan berdasarkan ukuran yang sama dan kita bedakan dengan menggangkat batu tersebut, Kalau bisa uji berat jenisnya.

6. Dengan memperhatikan perubahan warna sebuah batu bacan asli akan berproses sejalan dengan waktu dari warna hitam berubah hijau dengan bintik hitam dan selanjutnya bintik tersebut hilang sehingga menjadi hijau bening. Setelah bening batu bacan akan menjadi seperti ada air dan seterusnya hingga menjadi batu yang sangat indah dan berharga mahal.

7. Batu Bacan bila ditempelkan screen HP android dapat menggeser programnya seperti jari tangan sedangkan Plastik tidak bisa.

Masih banyak ciri – ciri dari batu bacan.

Link Populer

1. Cara Menguji Batu Permata

2. Alat test batu Permata

3. Harga Batu Permata

4.Test Keaslian Berlian

 

 

6 Responses

  1. Maaf klo untuk tes batu bacan dg menempelkan di layar hp android ,tidak benar ya klo itu bacan asli soalnya bnyak batu selain bacan yg bisa juga seperti itu

  2. sayah punya tapi masih bahan ..sayah gak tau asli atau bukan…

  3. Maaf mas, apakah jenis batu bacan (Chrysocola) ini hanya terdapat di halmahera saja atau ada juga di daerah lain? thanks

  4. tadi disebutkan batu bacan kekerasannya 3 skala mohs gak akan mungkin bisa menggores kaca karena kaca kekerasan 6, yg betul bacan itu kekerasannya 6,5 skala mohs jadi bisa menggores kaca, batu bacan termasuk keluarga batu chalcedony, jenisnya chrysocola, nama daerahnya batu bacan, warnanya tidak hijau saja , ada kuning ,oranges, merah darah..untuk info batuan silahkan hubungi saya . anto 081335703499

  5. PUSAT PENJUALAN BONGKAHAN BATU BACAN ASLI MALUKU UTARA,BACAN DOKO DAN PALAMEA (TERNATE DAN HALMAHERA)
    Daftar harga sebagai berikut;
    ✿ BACAN DOKO DARI TERNATE (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 500 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 juta 500 ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta
    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan
    ✿ Kondisi bahan ;
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
    – Bahan tua (galian lama)
    – Hasil tambang sendiri
    – Bukan bacan rawatan,tapi murni hasil alam
    – Kualitas super kristal, sudah tembus
    – Sudah tembus
    – Beberapa titik sudah ada yang kristal
    – Bahan keras dan padat
    – Siap gosok poles
    – Daging utuh, tanpa kapur
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
    Kartu Simpati:0812 3107 1085
    PIN BB: 2ABA93A1
    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004 rw 007,desa amasing kota utara kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan

Leave a comment