KEKERASAN BATU PERMATA

asterism2

Yang dimaksud kekerasan disini adalah daya tahan batu permata terhadap goresan. Skala Mohs kekerasan mineral (permata)  yang dibuat  oleh Friedrich Mohs mineralog Jerman pada tahun 1822 untuk mengukur kekerasan relatif atau tahan gores dari berbagai mineral.

Dia mendasarkan hal itu pada sepuluh mineral tersedia. Karena merupakan skala ordinal, Anda harus membandingkan dua mineral untuk memutuskan mana yang lebih keras.  Skala ini tidak linier atau logaritmik. Sebagai contoh, korundum dua kali sekeras topaz,  tapi berlian adalah hampir empat kali sekeras korundum walaupun dalam skala MOHS hanya beda satu tingkat.

Kekerasan suatu material diukur terhadap skala dengan mencari bahan yang paling sulit bahwa materi yang diberikan bisa menggaruk, atau bahan terlembut yang dapat menggores materi yang diberikan.


Skala Mohs asli adalah sebagai berikut:

 

Mohs original scale is as follows:

Hardness Material Absolute Hardness

1

Talc (Mg3Si4O10(OH)2)

1

2

Gypsum (CaSO4·2H2O)

3

3

Calcite (CaCO3)

9

4

Fluorite (CaF2)

21

5

Apatite (Ca5(PO4)3(OH-,Cl-,F-))

48

6

Orthoclase (KAlSi3O8)

72

7

Quartz (SiO2)

100

8

Topaz (Al2SiO4(OH-,F-)2)

200

9

Corundum (Al2O3)

400

10

Diamond (C)

1500

Dari tabel di atas kekerasan Safir  (Corundun) dalam skala adalah 9 sedangkan kekrasan berlian (Diamond) 10, namun kekerasan Absolute berlian 1500 atau sekitar 4 kali dari kekerasan Corundum.

 

 

Semoga bermanfaat !!!

6 Responses

  1. Gan ane punya batu.entah tu btu ap.mirip kya berlian.waktu sya tes bwt potong kaca,kacanya patah,trus sya pukul pakai palu degan di landasi uang koin.begitu sya pukul uang koin nya berlubang,dan batu tu ga pecah gan.pdahal sya pkul dgan palu sberat 1kg.gan yg sya mau tanyakan tu batu ap ya..trus gmna dan dimna sya bisa tes kekerasan dan jenis jenis batu ap tu gan.mhon di bles gan.mkasih sbelum nya.

    • Kaca kekerasannya sangat rendah, mudah digores. sama besi saja bisa tergores. banyak batu yang kekerasannya di atas kaca jadi sulit untuk menyimpulkan itu batu apa.

      kekerasan bukan karena tahan terhadap palu, berlian kalau di palu juga pecah.

      kekerasan adalah tahan tidaknya terhadap goresan.

    • Ukuran besar batunxa sperti apa pak..makasih infonxa..

  2. Gan ane punya 1 bj Red Rubby berapa biasanya pasarannya ya?dan saya juga punya sepasang batu merah delima,..bagi yg berminat sila hub saya di 082163973388

  3. Mau Tanya Pak, kalau batu citrine masuk kelas hardness yang mana ya pak?

  4. saya punya batu warna ungu dan dalamnya ada seperti kristal,,kira2 itu batu apa ya?

Leave a comment