Penentu Harga batu Permata

 

 

  emeraldku
   

Sebagai Penggemar batu permata kita harus tahu apa sih yang mempengaruhi harga batu Permata? Pada dasarnya yang mempengaruhi harga batu permata ada beberapa faktor, antara lain :

1. Keaslian batu Permata, Natural atau Sintetis?  batu permata yang Natural atau terbentuk secara alami di alam akan lebih mahal daripada yang sintetis (dibuat secara sengaja). Penggemar atau kolektor batu permata akan lebih menyukai yang natural karena secara psikologis  yang natural akan lebih memeberikan kepercayaan pada pemakainya.

2. Warna Batu Permata, Warna batu permata juga akan mempengaruhi harga batu permata, misalnya warna hijau daun pada zamrud akan lebih mahal daripada hijau pucat, Merah darah pada Ruby akan lebih mahal daripada merah daging.

3. Penomena khas, Penomena yang khas pada batu permata juga akan mempengaruhi harga batu permata, biasanya fenomena star / asterism pada safir atau ruby akan lebih mahal daripada yang tidak ada.

star saphire sidik jari
Safir dengan sternya

Safir tanpa ster

4. Kejernihan Kejernihan pada batu permata tidaklah sama dengan pada berlian, pada berlian kejernihan sangatlah mutlak, makin jernih makin mahal. Pada batu permata cacat atau inklusi sangat diperlukan untuk deteksi keaslian/original atau asal batu permata. Kejernihan batu permata biasanya hampir sama dengan tingkat transparancy. Yang transparen  akan lebih mahal dari pada yang semi transparen. yang opaq atau tidak tembus pandang biasanya akan lebih murah.

5. Ukuran / Carat, Ukuran besarnya batu permata akan mempengaruhi harga batu permata, umumnya makin besar harga batu permata akan lebih mahal.

6. Cut, Cutting atau bentuk asahan batu permata  juga akan mempengaruhi harga batu permata.

Cuting Cabochon pada cat eye chrysoberil  akan lebih mahal daripada bentuk lain.

Bentuk Emerald pada Zamrud akan lebih mahal daripada bentuk cabochon, dan lain-lain. Bentuk biasanya akan mempengaruhi keindahannya. Safir yang dibentuk faceted tak akan mengeluarkan ster, ster akan muncul pada bentuk Cabochon.

7. Makna atau Historis, Historis yang menimpulkan arti tertentu juga akan mempengaruhi penggemar batu permata akan membayar lebih mahal, ini memang susah dinilai karena unsur sugesti.

Semoga tulisan-tulisan di atas bisa bermanfaat, tulisan ini sifatnya Opini.

wiryo
Penilai Berlian dan Emas

Berita terkait

1.  Hati-hati Membeli Batu Permata

2. Alat test Batu Permata

3. Cara menguji Batu Permata

4. Alat test Berlian 

5 Responses

  1. Akibat daripada byknya batu permata imitasi/palsu dan beberapa batu permata sintetis ( batu permata asli tpi dibuat di laboratorium ) sering kali pemilik batu permata asli kecewa dengan hasil identifikasi laboratorium. Batu permata asli natural sering kali oleh oknum” Laboratorium disangka sintetia. Padahal batu permata itu mempunyai ciri khas natural seperti inclusion/keretakan seperti pada batu sapphire.
    Batu sapphire asal sri langka yg ber invlusion spider’s web ..diliat dgn skala 10 8 sudah terlihat jelas..oleh si penentu atau oknum ” laboratorium dikatakan sintetis.
    Ada juga seseorang yg akan mengecek batu permatanya oleh si oknum” laboratorium blm diapa apakan baru dipegang saja sdh dibilang sintetis.
    Padahal batu sintetis itu batu asli yg dibuat dilaboratorium
    Lain halnya dengan batu imitasi yang semuanya tdk memenuhi unsur aslinya.. Dinamakan batu palsu.
    Jadi mohon agar para pemilik laboratorium agar memperhatikan kepuasan konsumen. Sebagai contohnya bila seseorang itu akan mengecek batu permatanya wajib dan harus ikut menyaksikan seluruh hasil ceknya
    Index bias , kekerasan , inclusion dsb
    Jika si pemilik tdk bisa menyaksikan maka besar kemungkinan hasil laboratorium disalahgunakan atau data” keaslian dirubah menjadi tidak asli.
    Ini sangat merugikan si pemilik batu permata.
    Batu permata sapphire misalnya adalah batu permata yg sangat diminati seluruh dunia. Bahkan kejernihan pun di luar negeri sangat disukai..harga per carat batu permata sapphire itu samapai $ 12.000 per carat . Kalau di atas 10 carat brp ???
    Tpi byk oknum” laboratorium kurang jujur n tdk jeli melihat permata asli hingga ditentukan sintetis.
    Berarti si pemilik batu permata sdh dirugikan..berlipat lipat harganya. Ini jelas sangat merugikan.
    Jujur adalah kunci sebuah perusahaan akan berkembang n maju.

  2. Memang harus teliti dan mengerti ilmunya gan,, agar temen” pencinta batu permata tidak tertipu oleh oknum yang terkadang tidak jujur. semoga artikel di atas membantu para pencinta batu permata. mungkin atrikel ini juga menambah untuk refrensi temen”. silahkan kunjungi disini gan. http://www.naginsjewelry.com/tips-memilih-berlian/

  3. Banyak batu kelas biasa yg harganya melambung tidak wajar gara gara lg buming. contohnya batu anggurvbulan yg bisa dahulu harganya cuma 20an ribu.. sekarang jd ratusan ribu. Parah.

  4. Batu bacan yg memang bagus apa iya harganya harus 30jutaan. Padahal batunya mirip batu anggur bulan..cuma warnanya bagus hijau. Tapi klo harus seharga 30 atau 15 juta rasanya terlalu berlebihan….gr gitu lho

  5. Saya punya bahan berlian/intan bagi yg berminat bisa hubungi saya di 087888393865
    Terima kasih

Leave a comment