Gelembung Udara Pada Batu Permata

amethyst02a

Pada dasarnya Batu Permata punya ciri kusus tersendiri sehingga dapat dikenali nama dan jenisnya. Pada batu batu tertentu yang Asli Natural / alami tidak terdapat gelembung, sehingga kalau ada pernyataan untuk membedakan batu natural dengan yang Asli cukup dengan melihat gelembung gas dalam batu tersebut.

Perlu diketahui pada batu-batu natural tertentu juga ada ciri gelembung udara, misalnya pada Ametys.

 

Jadi pemeriksaan secara Lab sangat diperlukan untuk mengetahui asli atau tidaknya batu permata. Kalau untuk membedakan Safir Asli atau Sintetis memang cukup dengan melihat gelembung udaranya kalau ada berarti Sintetis atau bisa juga imitasi.

7 Responses

  1. Salam kenal, saya punya cincin kawin berlian kepunyaan raja spanyol sekiter abad 16-17. Ikatannya mas putin cap 18k, lalu ada cap lagi berukir huruf persia kuno berbebtuk piramida, modell step cut 1cm x 1cm tebal 0,7cm. Ciri batu kalo ditempat remang2 gelap ada terlihat tanda salib warna putih perak dan diselanya ada bayangan hitam bentuk tanda silang, menurut nasa usa, cincin ini sdh lama dicari dan tak ternilai hrgx. Saat ini saya mengharapkan kiranya ada yg bs mensponsorinya, krn keadaan dan kondisi kami terbatas. Trimakasih sebelmx. Dari Sam di Makka-sar.

  2. Mau tanya,,saya punya batu natural blue sapphire,,,nah kalo dilihat (tanpa alat) ada gelembungnya 1 apa kah batu saya ini termasuk sintetis?

  3. Saya mau tya.. saya pya kecubung kalimantan. Warnanya ungu tua kemerahan. Cuma ada gelembungx asli ap tdk

  4. batu berjad api ada gelembung asli atau tidak..mksh

Leave a comment