Memastikan Keaslian Batu Permata

 

Specific-Gravity  

 

Untuk memastikan keaslian permata banyak berbagai cara yang ditempuh oleh seorang gemologi, hal ini untuk membedakan ciri-ciri permata yang satu dengan yang lain.

Misalnya dengan Berat Jenisnya, Refraktif indeknya, serat-seratnya dan reaksi permata dengan alat-alat test keaslian seperti gem tester atau diamond Selector .

misal  sebuah permata berwarna merah,  ada beberapa permata yang berwarna merah maka untuk memastikan bahwa permata itu adalah ruby maka perlu diuji berat jenisnya. jika berat jenis ketemu 4 gr/cc maka permata tersebut ruby, tetapi jika ketemu 5 gr/cc maka kemungkinan besar adalah synthetic zirconia.

jadi karena batu permata banyak yang memiliki ciri-ciri yang mirip, untuk memastikan nama sebuah batu perlu dilakukan langkah-langkah sampai beberapa tahap, kecuali untuk batu permata yang mudah dikenali secara kasat mata.

ada beberapa batu yang dapat dikenali dengan 1 langkah dengan menggunakan alat test, antara lain.

1. Berlian, untuk mengenali berlian bisa dengan menggunakan diamond Selector atau  diamondnite  atau jarum uji berlian dan alat alat sejenisnya.

2. Ruby atau safir, dengan melihat fenomena, serat-seratnya dan untuk memastikan bisa dengan diamond selector, Presidium Gem Tester atau dengan dicari berat jenisnya.

untuk batu-batu permata yang lain biasanya dengan  beberapa tahap untuk memastikan keasliannya, tetapi juga bisa dengan berdasarkan pengalaman.

 

Semoga bisa bermanfaat dan bernilai Ibadah

 

Wiryo
https://sinarpermata.wordpress.com
@wiryoALtegal

 

 

.

One Response

  1. […] 3. Cara memastikan keaslian Batu Permata  […]

Leave a comment