Perbedaan Safir dan Ruby

 

blue sapphire stone red ruby

Safir dan Ruby adalah batu permata yang cukup terkenal, orang yang suka batu permata pastilah tahu atau kenal dengan kedua jenis batu tersebut.

Safir dan Ruby termasuk dalam spesies yang sama yaitu “Corundum”, mempunyai kekerasan 9 dalam skala Mohs.

Bila diuji dengan alat yang bekerja berdasarkan penghantar panas, kedua batu tersebut tidak bisa dibedakan. Karena memang perbedaanynya hanya pada warnanya.

Alat test batu safir atau Ruby antara lain Presidium Gem Tester, alat ini cukup mahal harganya sekitar 3,5 juta. untuk pebisnis batu permata harga segitu bukanlah hal yang mahal. Untuk diketahui bahwa alat-alat elektronik tidak meampu membedakan antara safir batuan yang terbentuk secara alami dengan batuan yang dibuat di lab.

Batu Permata  Corundum (safir dan Ruby) dibedakan berdasarkan warna, Jika berwarna merah maka dinamakan Ruby jika berwarna selain merah maka dinamakan safir.

Tatanama safir mengikuti warnanya, jika berwarna biru maka dinamakan blue safir, jika berwarna kuning Yellow Safir, jika berwarna putih white safir dan lain-lain seterusnya.

blue sapphire stone   yellow Sapphire black star

Harga batu Safir dan Ruby pun bermacam-macam, biasanya yang Natural lebih mahal dari yang Syntetis. Yang ada sternya lebih mahal dari yang enggak ada sternya. Yang jernih tembus pandang lebih mahal dari yang tidak tembus pandang.

Semoga tulisan ini bermanfaat, jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat maka dishare yah ke facebook, twitter atau rekan-rekan Anda. Terima Kasih.

Link Populer Lainnya

1. Alat test Batu Permata

2. Cara menguji keaslian batu permata

3. Alat test berlian 

4. Mengenal King Safir

Leave a comment