Lab Batu Permata

 

 

wiryoku  

 

Barangkali ada rekan-rekan penggemar batu permata yang ingin mengujikan permatanya, atau membuat memo atau sertifikat. Dibawah ini saya tuliskan beberapa Lab yang bisa anda Hubungi antara lain;

 

PEGADAIAN G-Lab
Jl Kramat Raya 162 Jakarta Pusat
Phone : (021)31555550

 

Bapak Nugroho Trip (NU Gem Lab)
Kompleks Pegadaian Jl. Dukuh V,
No. 13 RT 006 RW 005
Kp. Dukuh Kramat Jati 13550
Phone : 081357575710

 

Bapak Agus Dwi (ACC Gem Lab)
Surya Tehnologi Indonesia
MTH Square Lantai 1 Room 118-119
Jl. MT Haryono Kav. 10 Jakarta Timur
Phone : 085290155558

 

AGL (Adamas Gemological Laboratory)
Apartemen Istana Harmoni Lt. 1/2A
Kompleks Harmoni Plaza, Jalan Suryopranoto
Jakarta Pusat 10130, Indonesia
Phone : 021-6305546-47

 

BIG LAB (Ben’s International Gemological Laboratory)
Jl.Gajah Mada No.19-26
Jakarta Pusat (Gajah Mada Plaza, Lt. 1 No.11)
Phone : (021) 63861666

 

FLAMBOYANT GEM LAB
Jl. Gajah Mada no.19-26
JakPus (Gajah Mada Plaza, Lt. 1 No.61)
Phone : (021)6344547/6339058

 

GRI (Gem Research International Lab)
Batu Ceper IV No. 6L,Jakarta Pusat 10120
Phone : (021)3510132 Fax: (021)3510133

 

KGL (Kian’s Gemological Laboratory)
Jl. Kunir No.6 , Surabaya 60175
Phone : +6231 353 1570

 

Pengujian batu permata sangat perlu untuk mengetahui nama batu permata, natural atau sintetis, asli atau imitasi. Dan sangat penting untuk trasaksi jual beli.

8 Responses

  1. Boz semua,klo aku punya titanium butiran seperti pasir jualnya kemana ya , dan berapa harganya. mohon bantuannya bapak2 semua. hub aku p rusdi 081311099237

    ________________________________

  2. Untuk pengujian dan penjualan permata di daerah Solo ada ga boss alamatnya..

  3. Pak, saya punya batu yg diwariskan ke sya.. katanya sih zamrud.. tapi blm diuji.. kalo dbanjarmasin kira2 brp ya ngujinya?

  4. bagi rekan2 yang ke sulitan menjual batu intan/berlian,bisa menghubungi saya,ke betulan saya punya akses ke buyer/pembeli Lokal dan Luar negeri,,,untuk yang intan/berlian mentah yang saya cari warna putih grade clarity FL lF VVS1 VVS2 VS1 VS2 Grade color D,E,F,G, berat min 5 carat
    untuk suplay ke korsel,,jika anda mau jual lewat saya, syaratnya wajib kirim foto dan memo barang ke alamat email saya. agoez1808@gmail.com call me,, 081335500224 or 08561318121

  5. Budi Hendro
    Slmt pagi teman dumay semuanya,,,,sy sangat kecewa dgn Kian’s Gemological yg ada di SBY, maaf sy sndri org Surabaya & pernah membawa bt permata dgn maksud untuk dikontrol/diperiksa tapi apa kata mereka & tindakannya, “dgn lantangnya mengatakan wah klw batu ini lihat warnanya saja sintetis & tindakan mereka hny melihat dgn keker [loupe] seperti yg sy pakai se-hari2 lalu mengatakan ini sintesis pak….[sangat2 tdk Profisional ]. Maaf, padahal sy bawa batu asli Safir, harapan sy untuk teman2 “carilah lab yg Propisional & bisa dipercaya”…..Salam.

  6. Hati” dengan batu permata anda yg dikatakan sintetis apalagi batu anda berat caratnya di atas 10 carat. Walaupun zaman sdh canggih namun penciptaan batu permata sintetis pasti ada perbedaan dengan natural alam.
    Laboratorium hanya terbatas dan hanya beberapa saja. Laboratorium sendiri akan sulit menilai batu permata sintetis atau natural alam ( baik yg di treat maupun heat ). Batu permata di atas 10 carat adalah syarat utk bisa di jual ke luar negeri. Pilihlah atau cek ke Laboratorium yg jujur dan independen. Menilai suatu batu permata dengan kejujuran yg tinggi. Jika asli dikatakan asli dan jika asli tpi terkena proses treatment juga dikatakan sejujurnya..sedangkan batu sintetis juga dikatakan sejujurnya .
    Pengalaman saya
    Saya punya batu permata pink sapphire dgn berat diatas 10 carat..tetapi dinilai oleh LAB sebagai sintetis. Saat saya tanya para penilai dan petugas Lab tdk bisa memberi keterangan yg jelas..
    Kenapa saya tanyakan lebih lnjut karena pada saat di cek di LAB saya tdk boleh ikut menyaksikan proses pengecekan, wajar kalo saya menanyakan se detail detailnya. Yang saya tdk bisa terima adalah batu permata sapphire saya ber inclusion spider’s web dari sri langka. Tetapi dinilai sintetis. Alasannya katanya ada faktor lain yaitu index bias dan pengotor..Bagi gemologi sebuah inclusion natural pastilah batu permata itu berindex bias dan pengotor yg memang sesuai dengan natural alami bukan dibuat” atau dinilai sesukanya . Saya jadi meragukan penilaian Laboratorium tersebut. Saya berpikir jangan” ada kepentingan lain ..salah satunya agar batu permata saya bisa dibeli murah dan nantinya akan dijual ke luar negeri atau di dalam negeri dengan harga berlipat lipat tingginya. Tidak akan mampu inclusion natural alami di buat . Se canggih canggihnya pasti inclusionnya tdk sama dengan yang natural alami.
    sebuah laboratorium yang baik seharusnya dilengkapi dgn sebuah alat untuk scan inclusion sebuah batu permata..jadi bisa diyakinkan. Bisa menjadi kepuasan para pecinta batu permata . Dengan dasar teori dan kecurangan kecurangan makanya batu permata di Indonesia tdk berkembang dgn baik. Jika seseorang mengecek batu permatanya alangkah baiknya orang yg punya batu tersebut diajak ikut melihat pengecekannya. Karena bisa memuaskan para pemilik batu permata.
    Ukuran index bias nya , pengotornya , inclusionnya dll bisa langsung dilihat oleh si pemilik batu permata. Dengan cara ini sebuah laboratorium batu permata bisa dipercaya dan diminati oleh para pecinta batu permata.

    • untuk lebih meyakinkan coba di ceknya jangan cuma ke satu gemlabs pak.. tapi ke dua gems lab atau tiga gemslab, klo hasilnya tetap sama ya berarti emang keadaan batunya seperti itu pak… hehehe just share doank pak..

  7. Saya punya intan berat 150 Gram mau d jual jk ad yg minat hbngi sya d nomor 085322227849

Leave a Reply

