Mengenal Batu Permata Kecubung

amethys 

Batu kecubung termasuk batu permata  yang sangat Indah, warnanya yang ungu sangatlah menawan bagi penggemarnya.

Batu Kecubung atau nama ilmiahnya Amethys terbentuk dari SiO2 , mempunyai tingkat kekerasarn 7 dalam skala Mohs, berat jenisnya sekitar 2,64 – 2,66 sedangkan indeks biasnya 1,544 – 1,553.

Kecubung banyak ditemukan di kalimantan, karena tersedianya di alam ini sangat banyak maka batu permata kecubung tidaklah terlalu mahal.

Bagaimana Mengenali batu kecubung??

Orang yang terbiasa dengan batu permata biasanya mengenali batu kecubung dari warnanya yang ungu kemudian dengan melihat serat-serat atau inklusinya untuk memastikan bahwa benar batu tersebut kecubung asli.

Macam-macam inklusi pada Kecubung

 

amethyst-inclusion  
Tiger Stripe  
negatif Cristal  
Negatif Crystal  

 

finger print  
Finger Print Pada Kecubung  
   

 

crystal Amethys  
Crystal  

 

Namun demikian, tidak semua batu permata terlihat jelas inklusi-inklusinya, maka para gemologist dapat memastikan nama batu dengan sebuah alat untuk mengetahui sifat-sifat kimia maupun optic batu permata tersebut, ciri-cirinya  mempunyai tingkat kekerasarn 7 dalam skala Mohs, berat jenisnya sekitar 2,64 – 2,66 sedangkan indeks biasnya 1,544 – 1,553.

Kecung termasuk dalam batu Quartz atau batu kinyang (kuarsa).

Macam-macam batu Quartz antara lain :

1. Amethys/kecubung (warna Ungu)

2. Citrine, biasanya berwarna kuning

3. Rock Crystal, umumnya berwarna bening es

 

Semoga bermanfaat dan bernilai ibadah !

Wiryo
https://sinarpermata.wordpress.com

Berita Terkait :

1. Alat Test Batu permata

2. King Safir, Batu permata Sintetis

3. American Diamond

 

8 Responses

  1. mas mau tanya donk saya ada batu kecubung warnanya hitam kristal
    tapi yg saya tau batu kecubungkan warnaya unggu muda sampai unggu tua ko klo yg ini warnaya hitam bagai mana ya mas saya dapetnya di brasill

  2. MAS ,Tlg dong bagaimana cara membedakan batu kecubung es yg asli n yg palsu,Trims.

  3. saya jual batu kecubung es.yang masih belum dibentuk.yang berminat bisa hubungi saya di 085251885625.trims.

  4. Good……

  5. saya menemukan batu jernih trasparan di atas bukit kaltim dan satu tempat itu aja. dia di dalam tanah. saat itu saya kaget. batu apa juga saya kurang tau. di suruh tman saya test gores kan kaca memang gores. warna kilau transparan dan berserat serta kaya pecah2 gitu. batu apa itu…

  6. Saya jual batu permata kecubung es. Stock banyak dgn beberapa ukuran. Berminat hub pin BBM 7534737e

Leave a Reply

