Ingin Sukses Investasi Emas? Jangan Ngutang!

 

Casting%20Bars1(1)

 

 

Jakarta – Harga emas dunia saat ini terus naik turun karena dampak krisis ekonomi dunia. Untuk anda yang ingin berinvestasi emas batangan tak perlu khawatir membeli emas. Asalkan investasi ini diperoleh tidak dengan berutang.

Marketing Manajer Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Bambang Wijanarko mengatakan, investasi di produk emas batangan merupakan investasi untuk jangka panjang yang tujuannya adalah untuk memproteksi nilai dan kekayaan kita dari pelemahan daya beli uang atau yang biasa kita bahasakan dengan istilah inflasi.

"Itu sebabnya sangat tidak disarankan untuk melakukan investasi emas dalam jangka waktu yang singkat dengan harapan memperoleh keuntungan dari kenaikan harga emas, apalagi investasi tersebut dilakukan dengan cara berutang," jelas Bambang kepada detikFinance, Senin (26/12/2011).

Memang banyak orang yang ingin mendapatkan keuntungan sesaat untuk membeli emas lewat cara utang, apalagi harga beli emas batangan sudah di atas Rp 500 ribu per gram. Menurut Bambang, investor yang membeli emas lewat utang berpotensi besar mengalami kerugian.

"Investor seperti ini (berutang), ketika harga emas turun, bersamaan dengan cash flow mereka yang tidak sehat, maka kerugian sudah pasti di depan mata mereka karena terpaksa menjual kembali emas dengan harga lebih rendah dari harga beli, plus beban bunga/biaya administrasi yang harus dibayar," cetus Bambang.

Jadi, lanjut Bambang, posisikan emas itu selalu untuk instrumen investasi jangka panjang, jangan jadikan emas sebagai alat spekulasi jangka pendek dengan harapan bisa kaya mendadak.

Seperti diketahui, di saat ekonomi dunia mengalami ketidakpastian akibat krisis utang di negara-negara Eropa, harga emas mengalami volatilitas tajam dalam jengka pendek.

Menurut catatan detikFinance, harga emas batangan di Logam Mulia milik Antam naik turun mengikuti perkembangan harga emas dunia. Pada 15 Desember 2011 lalu, harga emas batangan Antam pecahan 1 kg dijual Rp 499 ribu/gram. Ini berarti turun dari sebelumnya Rp 502 ribu/gram.

Namun pada 23 Desember 2011 lalu, harga emas batangan Antam untuk pecahan 1 kg kembali naik menjadi Rp 507 ribu per gram. Jika anda ingin investasi emas saat ini, pastikan anda investasi untuk kebutuhan jangka panjang dan jangan berutang.

Sementara harga emas di pasar spot pada perdagangan Jumat (23/12/2011) kemarin ditutup turun tipis ke level US$ 1.604,90 per ounce. Harga emas surut dalam volume perdagangan yang tipis menjelang libur panjang natal.

 

 

Sumber : http://finance.detik.com/read/2011/12/26/095534/1799701/4/ingin-sukses-investasi-emas-jangan-ngutang?f9911033

429554_3000980397127_1640843564_2791528_1677433737_n

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: